Cara Langsung Mengembangkan Bisnis Kecil Sebagai Bisnis Waralaba

bisnis waralaba

Setelah ketiga tahap di atas, maka selanjutnya Anda bisa memulai bisnis franchise, pastikan Anda mengikuti segala prosedur dan menjalani bisnis sesuai dengan perjanjian dengan franchisor. Anda harus terus mengikuti program yang dibuat oleh franchisor seperti program pengembangan bisnis ataupun pembinaan hubungan antara franchisor dan franchisee. Selain itu, Anda harus mempelajari dan mengetahui mekanisme pembayaran dan bagi hasil keuntungan. Setiap franchisor memiliki aturan satu sama lain dalam menentukan pembagian keuntungan.

bisnis waralaba

Namun tidak semua produk konsumen menggunakan waralaba manufaktur; beberapa produk bermerek dagang diproduksi oleh perusahaan yang memang membuka cabang produksi di daerah tersebut. Tak bisa dipungkiri, brand yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat pasti memiliki konsumen dan pasarnya sendiri. Dengan begitu, para franchisee tidak perlu repot memikirkan strategi pemasaran dan analisis kompetitor untuk menjalankan bisnisnya. Untuk punya usaha waralaba jenis ini kamu engga perlu mengeluarkan modal yang besar, hanya dengan Rp 4 juta sudah bisa dapat bahan, gerobak hingga brand namanya.

Dijamin dalam waktu dekat modal kamu akan kembali jika usaha tersebut dilakukan dengan tekun. Bisnis retail franchise memberikan para pengusaha berbagai pengalaman memiliki usaha tanpa kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha pemula. Jenis bisnis retail ini juga membantu Anda memperluas dan mengembangkan bisnis lebih cepat dengan sistem operasional yang mantap, serta dukungan dan saran dari pemilik franchise maupun sesama pemegang franchise. Tak perlu khawatir, seringkali pemilik bisnis franchise yang sudah mapan akan membantu Anda menemukan area yang optimal. Mereka akan melakukan penelitian manakah area yang paling sesuai untuk bisnis mereka. Dengan begitu, mereka mau “membagi kue” mereka kepada Anda, tetapi dengan syarat Anda memberikan mereka modal dengan cara “membeli sistem bisnis mereka”. Dengan kondisi yang seperti ini, Anda harus siap untuk “mengeluarkan uang lebih banyak”.

Sekarang ini banyak sekali orang yang lebih memilih jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian mereka daripada harus mencuci sendiri. Selain karena lebih mudah, hasil pekerjaannya lebih rapih, dan harga jasanya juga relatif murah. Sekarang ini cukup banyak bisnis yang di waralabakan dengan tawaran biaya modal bervariasi dari yang murah hingga yang bernilai fantastis. Contoh yang berskala menengah kebawah seperti waralaba aneka makanan minuman dengan sistim berjualan menggunakan booth atau grobak modern, ceme online sering kita temui di pusat-pusat perbelanjaan atau mall. Sedangkan untuk yang berkelas menengah keatas contohnya seperti waralaba minimarket, restoran-restoran terkenal dari dalam dan luar negri, dan lain sebagainya. Anda mungkin memiliki sejumlah otonomi tentang bagaimana anda menjalankan produksi, selama anda memproduksi produk sesuai standar pemilik waralaba. Beberapa contoh meliputi produsen mobil dan suku cadang otomotif, produsen komputer, produsen pakaian, dan produsen makanan dan minuman.

Maka dari itu, jangan heran kalau bisnis waralaba yang bagus itu rata-rata harganya mahal. Bisakan Anda membuat “kembaran” usaha Anda itu, baik dengan modal Anda maupun dengan modal orang lain? Tentu saja bisa. Nah, kalau dengan modal Anda sendiri, berarti Anda membuka cabang. Kalau dengan modal orang lain, berarti Anda membuat waralaba atau melakukan joint ventureterhadap bisnis Anda. Perlu Anda ketahui, cara mengembangkan sebuah bisnis itu ada 4 model.